Pulau Tapai

Anda mungkin mengenal Pulau Tapai sebagai pulau yang terletak di Kepulauan Selatan, namun tahukah Anda bahwa daerah tersebut memiliki arus banjir yang teratur? Ini adalah sesuatu yang harus Anda ingat jika Anda berencana untuk mengunjungi pulau itu.

Arus banjir di Pulau Tapai

Arus banjir beberapa tahun terakhir berdampak besar pada garis pantai Terengganu, Malaysia. Ini telah melahirkan sejumlah ‘kota banjir’ yang tersebar di seluruh nusantara atas nama perdagangan kuno yang baik. Yang paling jelas adalah Tanjung Pinang, Pulau Pangkil dan Pulau Mantang. Pulau-pulau lain yang lebih kecil seperti Galang Rempang, Selat Tiung dan Selat Bulan juga mendapat dosis obat banjir yang baik. Untungnya bagi penghuni pulau-pulau yang disebutkan di atas, banjir yang diakibatkannya relatif singkat. Meski demikian, banjir kemarin meninggalkan kesan mendalam di benak warga di kawasan itu. Putaran bencana terbaru telah membuat petugas pemadam kebakaran dan penyelamat di kawasan itu kebingungan. Apa tindakan terbaik? Jawabannya adalah kombinasi dari kehati-hatian dan tindakan proaktif. Pertimbangan utama adalah kebutuhan untuk memperhatikan ‘gelombang pasang’ yang diramalkan untuk akhir pekan.

Keteraturan arus di Laut Cina

Laut Cina adalah badan air semi tertutup, besar, dan kompleks. Dikelilingi oleh Semenanjung Korea, Jepang, dan Taiwan. Ada sekitar 6.500 pulau di sepanjang garis pantai China. Umumnya, laut subtropis dan sedang. Terhubung dengan Samudera Pasifik, Laut Jawa, dan Laut Sulu.

Laut Cina Timur adalah laut marjinal di Pasifik utara. Ini memiliki luas permukaan sekitar 773.000 kilometer persegi, menjadikannya laut terbesar di dunia berdasarkan volume. Dikelilingi oleh Kepulauan Ryukyu, Semenanjung Korea, dan Taiwan. Laut menerima sejumlah besar air tawar dari Sungai Mutiara dan Sungai Meikong. Sistem arus pesisir di Laut Cina Timur dicirikan oleh kekeruhan yang tinggi dan salinitas yang rendah.

Laut Cina Selatan memiliki garis pantai yang luas, sejumlah besar pulau, dan terhubung dengan samudra Pasifik dan Hindia. Topografi bawah sangat kompleks. Landas kontinennya memanjang dari utara ke selatan dan memiliki landas kontinen yang luas di timur dan lereng curam di barat.

Letak pulau di Kepulauan Selatan

Kepulauan Selatan adalah serangkaian pulau yang terletak di tenggara Malaysia. Nusantara tidak memiliki bandara. Namun, pulau-pulau tersebut dihubungkan dengan perahu.

Beberapa pulau dilindungi sebagai Taman Laut. Taman-taman ini mengelola polusi dan dampak manusia di darat dan laut. Banyak pulau yang terpencil dan tidak berpenghuni. Mereka memiliki desa-desa kecil.

Kabupaten terluas adalah Tanah Raya yang memiliki beberapa pulau kecil. Bagian selatan kabupaten ini sebagian besar ditutupi oleh hutan tropis. Sulit untuk sampai ke daerah itu dengan perahu. Namun demikian, ia menawarkan beberapa pantai yang indah. Pantai Pasir Panjang adalah yang paling terkenal.

Wilayah ini juga merupakan rumah bagi ladang gas. Para ilmuwan di lembaga penelitian Pandak Panay menemukan Reservoir Gas di dasar laut. Itu kemudian digunakan sebagai ladang minyak terbesar yang diketahui di dunia.

Daerah tersebut telah dihuni oleh Suku Ular. Mereka meninggalkan reruntuhan candi.

Daerah itu juga merupakan rumah bagi desa nelayan kecil. Itu mungkin terisolasi pada abad-abad awal. Kemudian, daerah tersebut menjadi lebih padat setelah ledakan nuklir.

Updated: Desember 19, 2022 — 8:09 am